Cari Aplikasi

PENJELASAN DESIGN GRAFIS SECARA LENGKAP

Posted by JALUK APLIKASI


PENJELASAN DESIGN GRAFIS SECARA LENGKAP

Jaluk aplikasi : Salam SMK salam sukses dan salam semangat …..

Untuk awal materi Pelajaran Design Grafis kelas X TKJ, perlu kalian ketahui bahwa Design Grafis sangatlah penting untuk dipelajari, kenapa ? karena Dunia Industri atau Instansi memerlukan orang yang memiliki Skil Design, karena dengan memiliki orang yang mempunyai Skil Design setiap perusahaan membutuhkan namanya Promosi dimana promosi itu untuk lebih menarik, maka perlu dengan kemasan yang cantik dan indah untuk dilihat, untuk bisa seperti itu maka orang tersebut harus memiliki kemampuan Design.

Contoh Design yang sering digunakan untuk Perusahaan adalah :
      1.      Browsur
      2.      Template Iklan
      3.      Template Web
      4.      Logo
      5.      Banner
      6.      Spanduk
      7.      Baliho
      8.      Dll
Dimana design tersebut meningkatkan kesuksesan bagi perusahaan tersebut. Nah maka dari itu saya akan berbagi informasi mengenai Materi Design Grafis ini

APA ITU DESIGN GRAFIS ?
Pengertian desain menurut JB Reswick adalah: kegiatan kreatif yang melibatkan penciptaan sesuatu yang baru dan berguna yang tidak ada sebelumnya. Lebih lanjut Yasraf menjelaskan, dengan demikan desain merupakan kegiatan kreatif-progresif dengan produk, yang produk akhirnya adalah kebaruan dan perbedaan. (Piliang, 2008: 384).

“Menyimpulkan apa yang dinyatakan oleh Para  ahli diatas tampaknya sudah jelas bahwa Desain adalah suatu proses kreatif yang menghasilkan produk berguna bahkan tidak ada sebelumnya. Tampaknya desain adalah kegiatan merancang dan selalu merujuk kesana. Bahkan kata desain  sepadan dengan kata perancangan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.”
Pernyataan itu juga sejalan dengan asal-muasal kata “Desain” yang dipinjam dari bahasa inggris, yaitu: Design. Dalam Kamus Oxford, Design berarti rencana atau gambar yang dibuat untuk menunjukkan tampilan dan fungsi atau cara kerja bangunan, pakaian, atau benda lain sebelum dibuat.

APLIKASI APA SAJA YANG DIGUNAKAN UNTUK DESIGN GRAFIS ?
Mungkin sampai sekarang Aplikasi Design Grafis sudah banyak dari mulai aplikasi PC sampai Aplikasi Berbentuk Android dimana masing masing memiliki kekurangan dan kelebihan.

APLIKASI DESIGN
      1.      Adobe Photoshop
Adobe Photoshop merupakan salah satu software desain grafis paling populer saat ini. Meskipun sebenarnya software ini secara khusus dirancang untuk memanipulasi objek atau gambar dan biasa digunakan oleh para fotografer untuk mengedit Foto hasil jepretannya agar terlihat lebih menarik.

Namun, Adobe Photoshop juga sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan desain grafis seperti membuat banner,Design Logo, tipografi, dan kebutuhan desain lainnya.
      2.      CorelDraw

CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terbarunya, CorelDRAW X8 dirilis pada tanggal 15 Maret 2016. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Windows 2000 dan seterusnya. Wikipedia
     3.      GIMP

Bagi sebagian orang, GIMP seringkali disebut sebagai alternatif dari Photoshop. Selain gratis, software GIMP juga bersifat open source, yaitu dapat dikembangkan oleh siapa pun.
Software ini dianggap sebagai salah satu software desain grafis terbaik karena fiturnya yang lengkap dan mudah digunakan bahkan untuk pemula.
Kelebihan utama GIMP adalah tampilannya yang cerah dan modern. Tentunya, karakteristik ini sangat cocok untuk para desainer muda.
Selain itu, kualitas grafis yang diberikan pun sangat jernih, sehingga mampu memberikan hasil desain grafis yang berkualitas.
     4.      Adobe Ilustrator

membuat logo, tipografi, hingga sketsa menjadi lebih mudah dengan illustrator
Jika Freebuddies ingin membuat sebuah desain vektor (vector) seperti sketsa, tipografi atau bahkan design Ilustrasi yang lebih kompleks untuk kebutuhan video, Adobe Illustrator merupakan pilihan yang tepat untuk mengerjakan itu semua.
Dengan Adobe Illustrator, semua pekerjaan desain kamu akan menjadi lebih cepat selesai. Software desain ini juga hadir dengan plugin yang sangat membantu sekali dalam membuat halaman web atau landing page menjadi lebih menarik.
Pada versi terbaru, kamu akan mendapat fitur seperti Cretive Cloud, yang bisa kamu manfaatkan dalam menggunakan aplikasi pada PC desktop maupun Mac.
Selain itu, keuntungan lain dari Illustrator adalah tersedianya tools seperti Touch-type and The Free Transform yang akan membuat hasil desain kamu lebih sempurna.
Namun, hanya satu kekurangan dari software ini yaitu harganya yang terbilang cukup mahal.
     5.      Inkscape

Inkscape adalah software alternatif yang bisa kamu gunakan dalam membuat vektor, dan desain grafis yang menggunakan format file SVG. Software desain ini juga bisa digunakan pada Windows, Linux OS, dan Mac.
Pengguna Inkscape ditujukan untuk seorang desainer grafis profesional maupun bagi Freebuddies yang hanya ingin membuat gambar vektor, sketsa, memberi warna pada gambar, atau desain ilustrasi dengan mudah.
Kelebihan lainnya pada software ini yaitu memiliki tampilan antar muka yang sederhana dan mudah digunakan untuk semua pengguna. Software desain ini juga bersifat open source yang masih terus dikembangkan.
Meskipun begitu, Freebuddies juga harus bersabar saat menggunakan Inkscape karena tidak begitu cepat seperti software milik Adobe.
     6.      Adobe Indesign

Didukung oleh Adobe, InDesign merupakan salah satu software unggulan dalam membuat layout untuk dekstop dan mobile. Adobe InDesign sangat ideal untuk penggunaan desain layout seperti majalah online, brosur atau majalah digital.


Jaluk Aplikasi : mungkin itu saja materi kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di catat serta dirangkum materi tersebut untuk bahan materi ketika diberikan tugas oleh guru.


Related Post