Cari Aplikasi

Penjelasan Konsep Komunikasi Data dan Jaringan Komputer

Posted by JALUK APLIKASI


 Penjelasan Konsep Komunikasi Data dan Jaringan Komputer

Komunikasi data dan jaringan komputer merupakan kemampuan dari dua komputer atau lebih untuk saling berkomunikasi dalam melakukan pertukaran data (dikirim dan disebarluaskan) kepada komputer-komputer lainnya melalui sebuah jaringan komputer. Tanpa adanya jaringan komputer, komunikasi data pun tidak bisa berlangsung. Komunikasi data dan jaringan komputer yang sederhana adalah dua buah komputer yang terhubung dengan kabel. Tidak hanya melalui media kabel (wired) saja melainkan komunikasi data dan jaringan komputer dapat dilakukan dengan media tanpa kabel atau sering disebut dengan media wireless.

Dari penjelasan diatas bahwa komunikasi data dan jaringan komputer adalah bertujuan untuk saling berkomunikasi menggunakan media taupun tidak menggunakan media.

 Contoh 1 :

 kalian punya dua Laptop A dan Laptop B, Ingin berkemunikasi antara Laptop A dan B maka perlu adanya Media yaitu berupa Kabel UTP dimana pemasanganya menggunakan konektor RJ45 dengan konfigruasi Crossover seperti contoh gambar dibawah ini :


Contoh 2 :
Selain menggunakan kabel bisa juga menggunakan Wireless yaitu menggunakan Media Router atau perangkat lainya yang memiliki fitur Wireless, ketika Perangkat tersebut sudah terseting dan memberikan alamat IP kepada Laptop A dan B, dan Nama Wireless juga sudah dibuat maka Laptop A dan B dapat berkomunikasi tanpa media Kabel.


Contoh 3

Menggunakan ad Hoc yaitu tanpa menggunakan media perangkat dimana dua Laptop itu, Laptop A dan Laptop B berhubungan langsung menggunakan Wireless dimana Pen Settingnya masing masing Laptop Tersebut


Definisi  Komunikasi :
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

Definisi Data :
Data adalah catatan atas kumpulan fakta. ... Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.

Definisi Komunikasi Data :
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih alat yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, sepeti internet. (Wikipedia)

Definisi Jaringan Komputer
Jaringan Komputer adalah koneksi yang memumungkinkan dua device atau lebih saling berhubungan baik secara fisik maupun secara logika yang saling berkomunikasi untuk bertukar data atau informasi




Related Post